Minggu, 21 Juli 2019

Sosialisasi Kesehatan "Keluarga Berencana dan Pernikahan Dini"


Talang Donok, Talangdonok.com – Rabu (17/7)  Mahasiswa KKN di Desa Talang Donok telah menyelenggarakan kegiatan sosisalisasi kesehatan yang berkaitan dengan “Keluarga Berencana” Dan “Pernikahan Dini”.  Tema tersebut di angkat mengingat angka pernikahan dini dan angka kelahiran di Desa masih cukup tinggi.

Kegiatan tersebut menghadirkan dua pemateri dari Puskesmas Sekayun yaitu; dr. Jelita Septiwati Sitanggang dan Januarti Lita Suryani, Amd.keb.


Kegiatan sosialisasi ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama membahas tentang Keluarga Berencana yang merupakan program nasional untuk menekan angka kelahiran dan mengendalikan pertambahan penduduk di suatu negara yang disampaikan oleh ibu Januarti Lita Suryani, Amd.keb. Kemudian pada sesi ini pemateri menjelaskan mengenai beberapa jenis alat kontrasepsi yang legal di Indonesia diantaranya bagi pria; kondom dan vasektomi, sedangkan bagi wanita; pil, suntik, spiral, susuk, dan steril.


Sesi kedua membahas tentang pernikahan dini yang disampaikan oleh dr. Jelita Septiwati Sitanggang. dr. Jelita menjelaskan bahwa angka pernikahan dini di Indonesia masih sangat tinggi menempati peringkat ke-7 di dunia, kemudian provinsi Bengkulu menempati posisi ke-15.


Adapun sasaran pada kegiatan sosialisasi kesehatan ini adalah remaja hingga dewasa, yang mana remaja mendapat pemahaman mengenai pernikahan dini yang diharapkan dapat mengurangi tingkat pernikahan dini dan orang tua yang dapat mengedukasi sang anak agar lebih berhati-hati dalam pergaulan agar terhindar dari pernikahan dini. Pada  materi sosialisasi keluarga berencana memberikan dampak pertumbuhan penduduk yang dapat di kontrol.

Related Posts

Sosialisasi Kesehatan "Keluarga Berencana dan Pernikahan Dini"
4/ 5
Oleh

Website Resmi Desa Talang Donok, Kecamatan Bang Haji, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu. Silahkan Tinggalkan Kometar Anda.